8 Wisata Curug di Cianjur Selatan yang Masih Alami dan Cocok Buat Liburan | Jejak CS -->

8 Wisata Curug di Cianjur Selatan yang Masih Alami dan Cocok Buat Liburan

Jejak CS - Kabupaten Cianjur terutama Cianjur Selatan merupakan daerah Pesisir Pantai dan Pegunungan yang menjadikan Cianjur memiliki banyak wisata alam yang sangat di perhitungkan dan menjadi tujuan wisata di Jawa Barat.

Pada artikel ini saya akan coba mengulas beberapa objek Wisata Curug (Air Tejun) yang ada di Cianjur Selatan dan sangat di Rekomendasikan bagi yang mau melepas rasa lelah di Akhir Pekan atau Bersantai di Liburan Hari Raya.

1. Curug Citambur
Curug Citambur adalah sebuah curug atau air terjun yang ketinggiannya kira-kira 130 meter di Kabupaten Cianjur bagian Selatan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Curug Citambur memiliki tiga tingkatan air terjun dimana tingkat pertama berketinggian 12 meter sedangkan tingkat kedua berketinggian 116 meter dan yang paling tas adalah 2 meter. Air curug yang berada di ketinggian kurang lebih 1.400 Mdpl ini terkenal sangat dingin dan memiliki debit air yang besar terlebih saat musim penghujan. Kondisi tersebut membuat Curug Citambur selalu diliputi kabut tipis dan suara air jatuhannya yang begitu keras bergemuruh. Curug Citambur yang dibatasai tebing curam dan debit air yang besar akan sangat berbahaya jika berada dibawah guyuran airnya.

Konon Katanya
Ada dua versi kenapa curug itu bernama Curug Citambur. Versi pertama karena pada jaman dahulu suara setiap air yang jatuh dari atas curug ke kolam berbunyi “bergedebum” seperti suara Tambur, sebuah alat musik tabuh yang dipukul. Seiring menyusutnya volume air, bunyi itu tak terdengar lagi. Versi lain, curug tersebut dulu termasuk wilayah Kerajaan Tanjung Anginan, yang rajanya bergelar Prabu Tanjung Anginan. Pusat kerajaannya berada di Pasirkuda, yang kini termasuk Desa Simpang dan Desa Karangjaya. Dugaan pusat kekuasaan di sana karena ada batu yang berbentuk kursi yang diyakini warga sebagai tempat duduk raja. Sementara itu, nama Pasirkuda karena ada sebuah batu di bukit (pasir dalam bahasa Sunda) yang berbentuk kuda. Pada saat kerajaan berdiri, setiap raja mau mandi ke curug selalu ditengarai dengan suara tambur, yang ditabuh para pengawal. Suara berdebumnya alat musik tabuh itu terdengar cukup jauh sehingga warga Pasirkuda menyebutnya Curug Citambur. Namun belum diketahui sejarah dan masa keberlangsungan Kerajaan Tanjung Anginan
Lokasi: Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
2. Curug Dengdeng
Lokasi: Kampung Cicadas, Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
3. Curug Dadali
Lokasi: Waringinsari, Takokak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat - 43265
4. Curug Orok
Lokasi: Kampung Pasir Luhur, Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
5. Curug Ciastana
Lokasi: Kampung Sinarmuda, Desa Bojong kasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
6. Curug Hawu
Lokasi: Malati, Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat - 43274
7. Curug Walanda
Lokasi: Batulawang, Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat - 43271
8. Curug Ngebul
Lokasi: Bunijaya, Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat - 43266
Penutup
Bung Karno Pernah Bilang “Kalau jadi hindu jangan jadi orang India, kalau jadi islam jangan jadi orang Arab, kalau kristen jangan jadi orang yahudi, tetaplah jadi orang nusantara dengan adat-budaya nusantara yang kaya raya ini”
Tetaplah Menjadi Indonesia
Saya Tetap Bangga Jadi Orang Agrabinta dengan Segala Keterbatasan

Subscribe by Email:

Click To Comments
Hide Comments

0 Response to "8 Wisata Curug di Cianjur Selatan yang Masih Alami dan Cocok Buat Liburan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel